Solo

Dalang Ki Anom Suroto atau dibelakangnya toko Batik Danar Hadi.

Solo atau Surakarta, tahun 1993 sampai 1994 saya menetap disini, di Jl. Golek No. 1, persis di depan rumah “Dalang Ki Anom Suroto” atau dibelakangnya toko Batik Danar Hadi.

Saya dalam rangka acara kantor di Hotel Sahid Prince, Hotel Dana dan Hotel Tjakra. Tempat yang dekat dari stasiun kereta api Solo Balapan, terminal bis Tirtonadi dan bandara Adisumarmo.

Beteng, Solo
Beteng-Solo
Pasar Klewer Solo
Klewer

Selama di Solo, sehari-hari saya sering makan Pecel Lele terutama di Taman Sriwedari yang tidak jauh dan tinggal naik becak dari rumah. atau pun jalan kaki juga asyik sambil melihat pemandangan atau suasana jalan Slamet Riyadi yang bersih dan ditanami kembang dipinggirnya.

Kota yang nyaman, aman dan lengkap. Transportasi disini ada Taksi, angkot, Bus DAMRI bertingkat jurusan Kartosuro-Palur, kereta api, melintasi Jl. Slamet Riyadi ke Sukoharjo, becak dan ojeg. Kemudian travel antar kota seperti Rama Sakti dan SAA (Saya Antar Anda).

Disini bila jam 2 siang semua toko tutup dan buka lagi sekitar jam 4 sore kecuali Plaza. Begitupun Pasar Klewer tempat utamanya penjual Batik. Harganya murah sehingga banyak orang belanja untuk dijual lagi. Bahkan orang dari Sumatera Barat atau Minangkabau pun banyak kesini dan punya toko disini.

Ingat betul saya suka makan Nasi Bandeng di prapatan Beteng Plaza tengah malam. Saya tidak takut karena rame sampai pagi. Maklum, pulang dugem dari banyak diskotik seperti Legend dekat Baron, di Pasar Gede atau ada juga di dekat terminal bus. Orang-orang pada makan. Bukan makan disitu saja. Banyak tempat lain.Dari tempat tinggal saya sering naik becak saja walaupun malam hari.

Saya sering keliling. Ke Bekonang, Sukoharjo, Sragen, Tawangmangu, Wonogiri, Purwantoro, Mbaki, Pedan, Ceper, Delanggu dan lainnya bahkan sampai Jawa Timur.

Dari Solo saya paling sering keliling ke Yogyakarta dan Semarang naik mobil kantor atau travel SAA, Ramasakti dan lainnya. Bila naik bus, yaitu bus AKAS. Terakhir ini yang jadi pilihan orang yaitu KA. Prambanan Express. Waktu saya naik, baru saja diresmikan yaitu bulan Nopember 2010 dari Solo ke Yogya. Tarifnya 11 ribu saja.

Kereta Api Prambanan Express
Kereta api di Stasiun Tugu-Yogyakarta

Save

Sedangkan, bila saya dari Jakarta, saya naik bus, pesawat dan kereta api. Tapi saya paling sering naik kereta dan tiket kereta pun ada yang jual dekat tempat tinggal saya di Jl. Kartini-Jakarta Pusat. Sehingga urusan tiket kereta jadi mudah dan saya sering pesan kereta kuset bisa tidur sampai Solo.

Penulis: Foto Jalan-Jalan

Suka foto, jalan-jalan, menulis, musik dan menggambar.