Traveling on Duty

Traveling on Duty atau bepergian bertugas

Iklan

Traveling on Duty  

Traveling on Duty atau “bepergian bertugas” merupakan suatu yang asyik. Gimana tidak, sambil mengerjakan sesuatu sempat jalan-jalan. Sesuatu itu bisa saja dalam acara khusus dari kantor, sekolah dan lain-lain yang intinya sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui 😀

Selama 10 tahun saya kebagian gratis terus jalan-jalan dalam bertugas walau tidak selalu. Terutama waktu bekerja di salah satu perusahaan di Jakarta dulu, dengan tugas mengadakan presentasi di berbagai tempat. Saya naik pesawat, kereta api, bus kapal laut dan Taksi.

Hotel Ibis
Taksi di hotel

Kadang saya menggunakan mobil dan nyetir sendiri atau gantian dengan teman. Tak kenal siang dan malam, hujan dan banjir seperti di Perdagangan, Limapuluh, Sumatera Utara tahun 2001 lalu. 

foto jalan-jalan (2)
Sempati Air
Lorena
PO. Lorena

Kegiatan rutin saya presentasi di meeting room/ballroom hoteldimana acara selalu malam, beres-beres sampai pukul 23:00 dan siap ke acara selanjutnya di kota yang beda besok atau lusanya. Bila itu kota kunjungan pertama, pantang dilewatkan ngelayaf ke objek terkenalnya dan berfoto ria. Kalaulah jaman itu sudah ada hp kamera mungkin apa aja saya foto. Kala itu pujipilem lumayan mahal. Belum nyuci dan nyetak. Sampai sekarang masih banyak klise belum tercetak. Udah gak ada tukang cetaknya. 

Kesempatan jalan-jalan sambil kerja ada kebanggaan tersendiri. Berkenalan dengan orang selalu ditanya dari mana dan tidur di hotel apa. Syukur dan bangga juga bilang nginap di hotel bintang. Padahal komplimen 😀

Hotel Zodiak

Joni Delaroza
Hotel Dynasty Purwokerto

Lalu traveling on duty membuat kita sedikit disanjung. Bukan ingin disanjung. Terlihat di layanan hotel atau lainnya seperti pesawat, kereta api dan kapal laut yang kadang diistimewakan karena sering dan kelas eksekutif dijatahkan oleh kantor. Kecuali pesawat. Tapi bila acara dimenej sendiri diluar kantor, tidur di losmen, naik bus dan nyetir sendiri juga mau dan tak soal. 

Hal lain, bila pergi ke kota lain untuk mengikuti pameran, kita berkenalan dengan banyak orang. 

Sulit dan jarang lho bekerja sering ke luar kota itu. Namun bila Anda mengalami tentu harus bijak mengelola budgetnya. Mudah-mudahan tidak sekali-kali ridem bill bodong. Tujuan lkantor kan untuk kenyamanan staf. Bila diperlukan bintang 5, silahkan tapi selagi bisa irit dan tidak menyiksa diri sendiri misal tidur di mobil di SPBU, yaa ulah atuh!

Pertama kali ke luar kota, sendiri yaitu dari Bandung ke Cilacap dan terakhir 2001 ke Medan. Daari tahun 2011 mulai lagi tapi sudah risih kalau foto-foto. Soalnya udah pernah dan lagian udah tua. 46 lho.

10 tahun lebih saya traveling on duty. Banyak kisah suka dan duka saya. Seorang yang merantau datang ke negeri orang walaupun di Indonesia saja tapi cukup bangga.

Tinggal kenangan…Banyak teman di berbagai kota. Sudah lama tak jumpa ada rasa rindu bertemu mereka. Malah ada di Jl. Teluk Air No. 1, Tanjungbalai Karimun, sepasang keluarga Bapak (“E”) sangat rindu pada saya dan ingin mengangkat saya sebagai anak karena anak laki-laki semata wayangnya sudah almarhum dan sangat mirip dengan saya.  Tahun 1999 lalu, ceritanya…saat saya presentasi di hotel Dynasti kalau tak salah, di pinggir pelabuhan, beliau menatap saya terus dan lama. Lalu setelah acara, beliau nelpon saya juga lama sampai saya kesal dan tanya maksudnya apa. Waktu saya ngirim barang ke rumahnya, mereka menyodorkan foto anaknya bersama uang. Saya kaget. Saya paham maksudnya apalagi mereka cerita. Miris juga. Tapi bagaimanalah, saya saat itu harus kembali ke Jakarta dan sampai kini kehilangan kontak. Apalagi saya sekarang sudah punya istri dan anak. Tak mungkin rasanya. Kasian bapak sama ibu itu… 😦

Batam
Bukit Nagoya Hotel-Batam

Bila kepikir, kenapa ya masa-masa saya wara-wiri gak ke luar negeri? Singapur aja baru lewat doang di depan kapal pesiar Star Queen yang parkir di laut Batam bila ke Tanjungbalai Karimun. Tar saya mau ke Singapur ah 😀

Penulis: Foto Jalan-Jalan

Suka foto, jalan-jalan, menulis, musik dan menggambar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.