Mobilitas Online

Aktifitas yang dominan kita lihat dimana dan kapan saja.

Iklan

Mobilitas Online

Sejak boomingnya aplikasi gadget yaitu di android, windows dan Ios, sekian banyak mobilitas manusia dipermudah dengan modal data internet mulai dari harga ribuan hingga jutaan pra dan paska bayar serta paket.

Perilaku dari aktifitas yang dominan kita lihat dimana dan kapan saja, orang-orang memerankan “jari” terutama telunjuk mereka dengan gadget mengolah suatu keperluan. Ada yang menulis SMS, email, catatan atau browsing.

Terkait mobilitas dari segi transportasi saat ini terutama di kota-kota besar yang sudah sangat tinggi kondisi populasi, pergerakan dan pelakunya, ditambah lagi bahkan semakin tinggi mobilitasnya di masyarakat, menjadi pembahasan saya di blog ini.

Bayangkan, yang tidak punya kendaraan berusaha punya agar bisa mencapai maksud yakni lebih cepat kemana-mana, murah dan leluasa disamping gaya hidup. Tapi ada suatu hal pokok yaitu menambah pemasukan dengan ikut taksi/ojek online.

Bagi sebagian orang maunya simpel, hanya membutuhkan tumpangan yang nyaman, murah dan aman. Padahal di rumahnya ada beberapa mobil mewah. Disinilah operator mobilitas online bukan hanya kendaraan, termasuk semua kebutuhan sehari-hari tinggal klik di pc, hp bisa diterima di tempat yang merupakan fenomena saat ini. Suatu perubahan dahsyat telah terjadi. Mulai tak tampak si Mbok beli sayur, sabun ke pasar, tak ada lagi lambaian tangan penumpang taksi. Semua sibuk dengan jari mereka pesan ini itu dan bahkan mau pijit pun tinggal klik.

Mobilitas online yang sangat tinggi. Setiap orang hampir punya kendaraan terbaru, akun aplikasi online tak terklarifikasi lagi. Anak-anak sampai manula punya guna memudahkan urusan kehidupan sehari-hari. Jadi mobilitas online telah memonopoli manusia di atas sosialisasinya yang pelan-pelan hilangnya kebersamaan dan hubungan jabat tangan. Berobah jadi emotikon tangan.

Beberapa taksi argo juga sudah bergabung dengan penyedia online mengimbangi pesanan cara biasa dengan menelpon ke kantor taksi atau melambai di pinggir jalan oleh penumpang. Contohnya taksi Bluebird. Dari hotel pun walau ada FO nya, kebanyakan tamu pesan sendiri. 

Tak bisa dipungkiri. Zaman semakin maju dan mengalahkan martabat penciptanya sendiri dalam catatan yang tidak bijak teknologi, manajemen fungsional terhadap diri sendiri. Apa pendapat Anda tentang ini?

Penulis: Foto Jalan-Jalan

Suka foto, jalan-jalan, menulis, musik dan menggambar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.